Monday, January 4, 2016

Duduk dengan Kaki Bentuk W Bisa Bahaya Untuk Anak

photo_251408
Tahukah Anda - Anak-anak kerap duduk di lantai dengan kaki yang membentuk huruf W saat sedang bermain dengan teman-temannya. Sekilas tampak tak berbahaya, lagi pula anak tak mengeluh kakinya sakit saat sedang duduk seperti itu.

Namun ternyata jika sering duduk dengan posisi demikian, ada risiko kesehatan yang dihadapi oleh anak-anak. Apa bahayanya jika sering duduk dengan posisi kaki seperti huruf W?

Pertumbuhan tulang pada masa anak-anak sedang pesat berlangsung. Di masa itu sedikit salah saja, postur tubuh dan bentuk pertumbuhan tulang anak akan terpengaruh pada masa depannya.
kaki x
Nah, apabila kerap duduk dengan posisi kaki membentuk W, rotasi pinggul dalam dan predisposisi bisa dialami oleh anak. Ingat, anak tak diam walau sedang duduk, ia pasti memutar badan ke kanan atau ke kiri, bukan? Itu yang memicu rotasi pinggul dalam.

Pertumbuhan tulang bisa salah, terjadi kontraksi otot dan deformasi otot yang serius jika tak segera ditangani.

Kembali lagi tentang kebiasaan duduk di lantai dengan posisi kaki membentuk huruf W, bahkan pihak ahli ortopedi sendiri mengingatkan untuk tak membiarkan jika anak sedang melakukannya.
Efek buruk lainnya adalah tulang kaki anak bisa membentuk huruf X atau Genu Valgum jika berjalan. Anda tak ingin anak kesayangan mempunyai bentuk kaki yang tak sempurna hanya karena lalai tidak mengingatkan anak tersayang, bukan?

Cara duduk terbaik untuk anak adalah dengan kaki selonjor, atau miring dengan sisi yang sama atau duduk sila.

Sumber : jadisehat.net



No comments:

Post a Comment