Saturday, February 6, 2016

Bunga 'Ajaib' Ini Mengeluarkan Batang Setinggi 4 Meter


Tahukah Anda – Sebuah fenomena nan unik serta langka muncul di Pati, Jawa Tengah. Di kabupaten dekat Kota Semarang itu muncul bunga yang oleh pemilik dan masyarakat setempat disebut sebagai 'bunga ajaib'. Bagaimana tidak. Dari tengah-tengah bunga tersebut muncul batang yang terus tumbuh hingga sepanjang 11 meter.



Sang pemilik, Suwaji, mengaku tidak tahu pasti mengenai nama tanaman tersebut. Namun, dia bisa menceritakan kenapa tanaman unik itu bisa sampai dinamakan demikian. Suwaji menuturkan, sekitar 2005 yang lalu di desa Genengmulyo, Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati, terdapat tanaman serupa dengan bunga yang menawan. 

Banyak masyarakat dari berbagai daerah yang berdatangan untuk sekedar melihat tanaman itu dan bahkan ada yang menginginkan bunganya untuk diracik sebagai obat.

"Ketika itu tanaman ini sempat ramai dibicarakan oleh masyarakat sekitar Pati, sehingga masyarakat menamainya dengan nama bunga ajaib," kata Suwaji dalam keterangan yang diterima VIVA.co.id, Jumat, 5 Februari 2016.

Suwaji mengatakan, saat itu ia bermaksud menjemput anak pertamanya dari Pondok Pesantren Raudlatul Ulum Guyangan Trangkil Pati. Sembari menjemput sang putri, ia menyempatkan diri mendatangi dan melihat ‘bunga ajaib’ tersebut.

Saat di lokasi, tanpa berpikir macam-macam, Suwaji mengambil salah satu bunga yang jatuh ke tanah. Kejadian itu berlangsung sekitar akhir tahun 2005. Setelah itu, Suwaji iseng menanam bunga yang jatuh ke tanah tersebut di depan rumahnya, yaitu di dukuh Tempel, Desa Sumbermulyo, Kecamatan Tlogowungu, Kabupaten Pati. Bunga itu ditanam dalam sebuah pot kecil berdiameter 25 cm kemudian dijajarkan dengan bunga-bunga lain yang sudah tumbuh.

"Hari demi hari dengan tanpa disadari bunga tersebut tumbuh, karena pada saat itu adalah musim penghujan, saya sengaja tidak menyiram bunga yang ditanam tersebut," kata Suwaji. Tapi yang terjadi selanjutnya, bunga semakin tumbuh dan membesar. Bulan demi bulan, tahun demi tahun, bunga itu dibiarkan saja tumbuh dengan sendirinya tanpa pernah disirami sekalipun.

"Tanaman ini pun tumbuh tanpa mengeluarkan bunga sama sekali," ujar Suwaji.

Yang mengejutkan, lanjut dia, dalam kondisi cuaca kemarau panjang pun, ketika banyak tanaman yang mulai layu dan berguguran, tanaman itu tanpa disiram air sekalipun tetap tumbuh. Tanaman memang tetap dibiarkan untuk tumbuh olehnya.

"Tanggal 1 Januari 2016 bunga mulai mengeluarkan tangkai tepat hari Senin, 4 Januari 2016. Saya terkejut melihat bunga ajaib di depan rumah itu telah mengeluarkan batang tepat di tengah-tengahnya dengan tinggi batang sekitar 1 meter," tuturnya.

Menantu Suwaji, Mustain, memaparkan bahwa pada sore hari tanggal 1 Januari 2016, bunga itu mulai mengeluarkan batang. Meskipun melihat tunas baru di tengah-tengah bunga tersebut yang mulai tumbuh, tapi dia tak begitu menghiraukan.

"Yang menjadi perhatian adalah pada tanggal 4 Januari 2016, Bapak Suwaji menyaksikan sendiri bunga tersebut mengeluarkan tangkai dengan panjang yang sudah 1 meter," kata Tain, sapaan akrab Mustain.

Dari waktu ke waktu, bunga yang ditanam tersebut ternyata tumbuh, semakin besar dan tinggi. Pada 10 Januari 2016, tinggi bunga sudah sekitar 2,5 meter. Tain mencatat, pada 17 Januari 2016, tinggi bunga sudah sekitar 4 meter. Lalu, 24 Januari 2016 bunga sudah mengeluarkan tangkainya.

Kemudian, pada 31 Januari 2016, sudah mengeluarkan benih benih 'bunga ajaib'. Dan 5 Februari 2016 bunga sudah kelihatan menawan dan mulai mekar.


Sumber : www.viva.co.id

No comments:

Post a Comment