Monday, December 28, 2015

WAJIB BACA ! Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan Kita

Tahukah Anda - Siapa sih yang gak tau buah alpukat ? Buah alpukat banyak dijumpai, saya sendiri termasuk salah satu penggemar buah alpukat, walaupun saya mengkonsumsinya tidak secara langsung. Maksudnya saya menjadikan buah alpukat sebagai pendamping setelah makan.


Saya membuat jus alpukat segar dengan ditambahkan susu untuk lebih manis lagi dan diminum dalam keadaan dingin, pasti sobat ketagihan nih hehe.

Buah alpukat juga bisa memberikan efek luar biasa pada tubuh kita apabila dikonsumsi setelah bangun tidur. Untuk diketahui, buah alpukat sendiri ternyata berasal dari meksiko dan Amerika tengah. Namun sekarang sudah menyebar kemana-mana. Pohon alpukat mencapai tinggi 20m dengan panjang daunnya mencapai 25cm.

Buah alpukat memiliki kulit lembut namun tidak rata berwarna hijau tua hingga ungu kecoklatan. Daging buah alpukat berwarna hijau muda dekat kulit dan kuning muda dekat biji dengan tekstur yang lembut.

Kandungan Nutrisi pada buah alpukat

 Beberapa kandungan nutrisi pada buah alpukat. Sumber USDA
manfaat buah alpukat bagi kesehatan
Kandungan nutrisi pada buah Alpukat


Berikut 10 manfaat buah alpukat bagi kesehatan. 

1. Menjaga kesehatan mata kita
Kandungan zat karotenoid pada buah alpukat mampu mencegah gangguan penurunan penglihatan mata dikarenakan faktor usia dan juga penyakit katarak. Alpukat juga memiliki kandungan vitamin A, sangat baik untuk kesehatan mata

2. Sebagai pencegah penyakit stroke
Kandungan vitamin E pada alpukat berfungsi menurunkan oksidasi kolesterol yang bisa menghidarkan seseorang terkena penyakit stroke. 

3. Membantu menurunkan berat badan
Kandungan beta sitosterol yang sangat tinggi pada buah alpukat bisa membantu menurunkan kadar kolesterol pada tubuh kita. Mengkonsumsi buah alpukat sendiri bisa memberikan rasa kenyang, secara tidak langsung bisa menekan nafsu makan kita. 

4.  Menjaga kesehatan kulit kita
Selain kesehatan pada mata, kandungan vitamin E, vitamin C, lemak tak jenuh tunggal, asam lemak omega 9, sumber antioksidan serta kolagen bisa membuat kulit kita tetap halus, lembut dan bersinar. 

5. Meningkatkan kekebalan tubuh
Buah alpukat memiliki kandungan vitamin C. Dan ini membuat tubuh kita tidak mudah diserang oleh penyakit atau perubahan cuaca.

6. Mencegah penyakit kanker
Alpukat ternyata bisa mencegah pertumbuhan kanker pada tubuh kita. Seperti kanker postat, kanker payudara, kanker mulut dan juga beberapa jenis kanker lainnya. 

7. Menjaga dan meningkatkan kesehatan jantung kita
Buah alpukat mengandung asam oleat tak jenuh tunggal, vitamin E, kalium, pitosterol, folat dan beberapa sumber serat penting. Kandungan pada alpukat tersebut memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan jantung kita. 

8. Mencegah diabetes
Kandungan lemak tak jenuh dan kalium pada buah alpukat dapat meningkatkan fungsi kerja hormon insulin dan juga menetralkan kadar glukosa dalam tubuh kita. 

Berikut beberapa sajian untuk menikmati buah alpukat : 

  • Jus alpukat; biasanya dibuat dengan cara menghaluskan buat alpukat dicampur dengan susu dan disantap dengan kondisi dingin. Rasanya hmm nikmat hehe.
  • Dadar gulung alpukat; pernah mendengar makanan dadar gulung?makanan yang umumnya berisi kelapa manis, namun bisa juga dimasukan buah alpukat kedalamnya
  • Salad alpukat; makanan gado-gado, dan dicampur dengan potongan buah alpukat.
  • Sushi alpukat; layaknya makanan sushi dari jepang, namun dikombinasikan dengan buah alpukat.

Bagaimana cukup banyak bukan manfaat yang ada dalam buah alpukat? apalagi disajikan dalam bentuk jus alpukat ditambahin susu dan dinikmati sambil memandang indahnya alam sekitar, sangat memberikan efek luar biasa loh bagi tubuh kita hehe.
Referensi Artikel :
www.cantiksehat.me
intips-kesehatan.blogspot.com

No comments:

Post a Comment