Thursday, December 31, 2015

INILAH yang terjadi pada tubuhmu Jika kamu kekurangan Zat Besi!

Tahukah Anda - Zat besi diperlukan oleh tubuh salah satunya untuk membuat sel-sel darah merah. Zat besi banyak diketemukan pada sayuran berwarna hijau dan juga daging merah.

Konsumsi zat besi diperlukan tubuh setiap saat, dan biasanya sudah tercukupi dengan mengaplikasikan pola makan dengan gizi seimbang. Memenuhi kebutuhan zat besi sehari-sehari sangatlah penting untuk tubuh, karena jika kebutuhan tersebut tidak terpenuhi, maka dapat mengakibatkan terganggunya kesehatan.


Inilah Tanda-tanda tubuh jika kekurangan zat besi

Terdapat banyak tanda yang menunjukkan tubuh memerlukan tambahan zat besi, salah satunya adalah sebagai berikut :

1. Mudah letih 

“Tubuh membutuhkan zat besi untuk pembentukan hemoglobin, senyawa dalam sel darah merah yang berperan dalam pengangkutan oksigen, ” kata Blaire Morris, pakar kesehatan dari Vanderbilt Center for Integrative Health. Waktu darah merah tidak dapat mengangkut oksigen yang dibutuhkan, maka tubuh akan merasa cepat letih.

2. Cenderung apatis 

Berkurangnya neurotransmitter juga mempengaruhi sikap seorang seperti berlaku apatis atau cuek pada lingkungan. Keluarga, sahabat, dan bahkan juga pekerjaan dapat terabaikan waktu tubuh kekurangan zat besi.

3. Susah konsentrasi

Pembentukan neurotransmitter dapat dipengaruhi ketika seorang kekurangan zat besi. Manfaat normal otak dapat terganggu, dan salah satu efeknya adalah susah konsentrasi.

4. Pucat

Mempunyai wajah pucat pasi tidaklah hal yang mengasyikkan. Wajah putih tetapi pucat bukanlah berarti cantik tetapi menjadi tandanya bahwa sel darah merah yang mengaliri tubuh terlalu sedikit.

5. Sesak napas 

Tubuh akan kekurangan oksigen jika tubuh kekurangan zat besi. Hal semacam ini menyebabkan kesibukan fisik seringan apa pun dapat mengakibatkan napas merasa berat untuk mengambil oksigen sebanyak mungkin.

6. Tidak betah berolahraga 

Cepat lelah, napas pendek, dan kemampuan otot yang menurun adalah tanda-tanda seorang kekurangan zat besi. Keadaan ini selanjutnya membuat orang tidak betah untuk berlama-lama olahraga.

7. Kuku rapuh dan cekung

Kuku anda mudah patah? Bila ya, maka waspadalah, karena kuku yang mudah patah adalah diantara tanda anda kekurangan zat besi. Selain rapuh, biasanya kuku juga sering membuat cekungan seperti sendok.



8. Urin berwarna merah atau pink sesudah makan buah bit 

Beeturia adalah keadaan dimana urin berwarna merah atau merah muda sesudah konsumsi buah bit (beet). Keadaan ini sesungguhnya normal, tetapi seringkali berlangsung pada beberapa orang yang kekurangan zat besi.

Demikianlah Informasi Yang Dapat Kami Sampaikan Semoga Bermanfaat Untuk Kita Semua, Silahkan Bagikan. 

Sumber : sehatkanlah.com

No comments:

Post a Comment